Selayang Pandang FULDKIP

65065_3515996398639_896603658_n

 

 

 

 

Selayang Pandang FULDKIP

FULDKIP (Forum Ukhuwah Lembaga Dakwah Keguruan dan Ilmu Pendidikan) didirikan di Universitas Sebelas Maret (UNS) pada tanggal 10 Dzulhijah 1428 H betepatan dengan tanggal 29 Desember 2007 M. FULDKIP Merupakan forum mandiri untuk seluruh Lembaga Dakwah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Indonesia. Visi FULDKIP adalah “Memperjuangkan Islam demi kemaslahatan umat yang berbasis kompetensi keguruan dan kependidikan”

Forum Ukhuwah lembaga Dakwah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FULDFKIP) mulai didirikan pada tanggal 29 Desember 2007 di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Yang di awali dengan adanya rekomendasi dari SKI FKIP UNS kepengurusan 2006 untuk kepengurusan 2007 agar membuat sebuah jaringan yang terdiri dari LDK – LDK universitas yang memiliki fakultas keguruan maupun fakultas pendidikan. Rekomendasi tersebut ditindaklanjuti pada kepengurusan 2007 dengan diadakannya silaturahmi SKI FKIP UNS ke UNY dimana disitu juga hadir perwakilan dari UNNES. Dalam pertemuan tersebut, ketua umum SKI FKIP UNS yaitu Heri Apriyanto mempresentasikan mengenai pentingnya FULDFKIP dengan tujuan supaya semangat perintisan FULDFKIP semakin besar. Dari pertemuan itu disepakati untuk bersama merintis sebuah forum dengan tujuan, visi, dan misi yang sama. pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan untuk membentuk koordinator masing – masing wilayah untuk mengadakan koordinasi sebelum perintisan FULDFKIP.

Dalam koordinasi tersebut disepakati untuk setiap Universitas membentuk sebuah rancangan GBAO, AD/ART untuk kemudian dibahas dipertemuan berikutnya. Dan akhirnya disepakati untuk mendeklarasikan FULDFKIP di FKIP UNS. Pada pendeklarasian tersebut dihadiri oleh tiga akhwat dan tiga ikhwan dari UNY, dua puluh ikhwah dari UNNES, sejumlah mahasiswa muslim FKIP UNS, serta perwakilan dari SKI se-UNS. Sebagai langkah awal, disepakati setiap anggota perintis yaitu UNS, UNY, dan UNNES bertugas membentuk tim FULDFKIP di Universitasnya, sekaligus mempublikasikan FULDFKIP ke wilayah Surakarta, Yogyakarta, dan semarang pada khususnya, dan ke luar wilayah tersebut pada umumnya. Tugas tersebut untuk sementara dikoordinasi oleh masing – masing ketum LDF, karena kepengurusan FULDFKIP baru akan dibentuk saat koordinasi selanjutnya.

Pada kepengurusan tahun 2008 pada periode kepengurusan Fais Hasyim, terbentuk tim khusus yang menangani masalah FULDFKIP dan FULDKIP yang sudah berdiri kemudian di deklarasikan lagi di UNS dalam Musyawarah Nasional yang dihadiri oleh UNS, UNY, UNNES, Universitas Negeri Jember, Universitas Muhamadiyah Surakarta, Universitas Negeri Jakarta, Universitas PGRI Madiun, Universitas Tanjungpura Sumatera, Universitas Negeri Bengkulu, Universitas Negeri Lampung ………………………………..disaksikan oleh birokrasi FKIP, Seluruh perwakilan BEM, DEMA dan UKM FKIP UNS, serta LDK dan LDF dari masing-masing fakultas di UNS. Dalam deklarasi ini ditandatangani oleh Fais Hasyim sebagai Ketua Umum SKI FKIP UNS, Dr.M Furqon Hidayatullah M.Pd., serta dari Puskomnas. Dari hasil Musyawarah Nasional dan Deklarasi tersebut akhirnya Sayuti dari Universitas Jember diamanahi sebagai Koordinator Pusat.

Dengan berjalanya kepengurusan 2008-2011 FUDFKIP akhirnya berubah nama menjadi FULDKIP.hari karena FULDKIP ingin melebarkan jangkauan dalam merekrut, karena banyak struktur kampus yang berbeda yang tidak semua bidang Keguruan dan Pendidikannya berdiri sebagai Fakultas, tapi jurusan bahkan berdiri sebagai Universitas misalnya PGRI.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: